Tips Menghitung Biaya Pengiriman Barang Bagi Pebisnis Online

Tips Menghitung Biaya Pengiriman Barang Bagi Pebisnis Online share

Dalam menjalankan bisnis online, biaya pengiriman barang menjadi salah satu hal yang sudah harus dipikirkan, dipertimbangkan dan dihitung baik-baik agar dapat menjaga arus kas dan tak membuat cash flow menjadi bengkak hanya karena selisih biaya kirim yang terjadi akibat salah hitung. Selain itu, biaya kirim yang murah akan menjadi pertimbangan yang mendatangkan kepercayaan konsumen untuk berbelanja di toko online Anda. Dengan kata lain, Anda sebagai pebisnis perlu mengetahui faktor dan strategi yang tepat untuk menentukan ongkos kirim barang yang menguntungkan Anda sekaligus menguntungkan konsumen.

Faktor-faktor Penentu Biaya Pengiriman 

Untuk mendapatkan biaya kirim yang pas dan menguntungkan bagi kedua belah pihak, ada tiga faktor yang harus Anda pelajari, antara lain: 

1. Berat Barang

Cara hitung biaya kirim bisa ditentukan dari berat barang kiriman. Ada dua metode pengukuran berat yang dapat Anda gunakan. Metode pertama, menggunakan perhitungan berat aktual, di mana berat paket akan dibulatkan ke kilogram berikutnya. Sebagai contoh, paket yang mempunyai berat 3,7 kilogram akan dihitung menjadi 4 kilogram untuk memudahkan perhitungan biaya pengiriman barang. 

Metode kedua, ditentukan dengan berat dimensi yang merupakan ukuran kepadatan pengiriman. Untuk menghitung biaya kirim dengan metode ini, kalikan saja panjang, lebar, serta tinggi dimensi paket, baru setelahnya dibulatkan dalam centimeter terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan kedua metode ini dalam menentukan biaya kirim barang. 

2. Biaya Tambahan 

Biaya tambahan biasanya akan dikenakan ketika Anda menggunakan bahan tambahan untuk mengemas atau membungkus barang kiriman. Sebagai contoh, konsumen yang hendak mengirimkan barang elektronik yang memerlukan tambahan bubble wrap serta packing kayu demi mendapatkan perlindungan ekstra bagi barang yang dikirim. Dalam hal ini, barang kiriman tersebut akan dikenakan biaya tambahan. Untuk mencegah kesalahpahaman, berikan penjelasan terkait penambahan biaya pengiriman barang dan manfaat yang akan diterima konsumen. 

3. Metode Pengiriman

Faktor terakhir yang akan berdampak pada besaran ongkos kirim adalah metode pengiriman yang disediakan. Pengiriman lewat jalur darat biasanya menawarkan ongkos kirim yang terjangkau untuk barang satuan. Sementara jalur laut dibanderol dengan tarif lebih murah dengan adanya minimum berat barang untuk sekali pengiriman, terutama pengiriman barang dalam jumlah banyak. Sementara itu, pengiriman melalui jalur udara biasanya menjadi yang termahal karena menggunakan  pesawat kargo dan waktu pengirimannya lebih cepat. 

Strategi Menentukan Biaya Pengiriman

Apakah Anda sudah memahami faktor apa saja yang berdampak pada besaran biaya pengiriman barang? Sekarang, mari kita lanjutkan dengan mengupas strategi apa saja yang bisa membantu Anda dalam menetapkan tarifnya. 

1. Bandingkan Tarif dengan Kompetitor

Banyak konsumen yang akan pindah ke jasa pengiriman lain saat mengetahui ongkos pengiriman di sana jauh lebih murah dibandingkan dengan jasa pengiriman ekspedisi yang mereka biasa pakai. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terhadap biaya kirim barang kompetitor Anda, baik yang sudah lama berbisnis maupun yang baru didirikan. Langkah ini sangat penting karena bisa mencegah Anda kehilangan konsumen. Selain itu, jika ongkos kirim yang Anda pasang mampu bersaing ketat, konsumen pun akan mempertimbangkan Anda sebagai penyedia layanan terpercaya.

2. Memetakan Lokasi Konsumen

Berikutnya, cobalah untuk memetakan lokasi konsumen atau target pasar Anda. Mulailah dengan membuat persentase, lalu teruskan dengan menghitung konsumen domestik dan mancanegara yang diperkirakan akan membayar biaya pengiriman barang. Biasanya ada pengirim yang bersedia membayar lebih supaya barangnya cepat sampai, tetapi ada juga yang sangat memprioritaskan besaran ongkos kirim karena lokasi pengirim dan penerima yang sangat jauh atau pelosok. Dengan memetakan lokasi konsumen, Anda akan lebih mudah menemukan range tarif pengiriman barang yang paling ideal.

3. Pertimbangkan Ongkos Kirim Gratis

Pemberian ongkos kirim gratis tak akan merugikan selama Anda tahu cara hitung biaya kirim yang sesuai. Layanan tersebut akan memberikan dampak yang efektif dan positif apabila diterapkan pada produk yang mempunyai persentase keuntungan tinggi, misalnya gawai atau perhiasan. Namun, Anda juga bisa memberikan promo ongkos kirim gratis pada produk dengan persentase keuntungan sedikit atau rendah, dengan catatan tidak terlalu sering karena tentunya bisa merugikan Anda.

Itulah tips mengenai biaya pengiriman barang. Semoga Anda menemukan biaya pengiriman barang yang cocok untuk bisnis Anda dan bisa memberi keuntungan bagi banyak pihak.

08118865665

Marketing Corporate 08118865665

08119965665

customer service 08119965665