Memilih jasa pengiriman barang antarpulau memang cukup rumit, apalagi bagi yang sangat pemula dan belum berpengalaman. Calon customer sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih ekspedisi dan tidak mudah tergoda dengan tawaran “kirim barang murah,” terlebih untuk pengiriman antarpulau. Belum lagi risiko barang rusak di perjalanan yang bisa merugikan kedua belah pihak, baik penjual maupun pelanggan. Sebaiknya, sebelum mengirimkan barang antarpulau, sebaiknya Anda harus mengetahui tips aman mengirim barang menggunakan ekspedisi maupun kargo di bawah ini.
Tips Kirim Barang Antarpulau yang Aman dan Mudah
1. Sesuaikan Jenis Service yang Tersedia
Ada dua jenis layanan pengiriman, yakni door to door dan door to port. Pengiriman door to door adalah pengiriman barang sampai ke depan pintu rumah atau sampai ke tujuan pemesan. Tarifnya lebih mahal jika dibandingkan dengan door to port. Sedangkan jenis pengiriman kedua, door to port, hanya mengantar barang sampai ke pelabuhan atau terminal terdekat saja. Jadi, customer harus mengambil sendiri paketnya di terminal yang sudah disepakati dengan pihak ekspedisi.
2. Ketahui Jenis Barang yang Akan Dikirim
Mengetahui jenis barang yang akan dikirim sangatlah penting, apalagi untuk kiriman antarpulau. Apakah jenisnya cair, padat, mudah pecah, terbakar dan lain sebagainya. Dengan mengetahui kelemahan dari barang yang akan dikirim, tentu bisa meminimalisir kerusakan dalam pengiriman. Misalnya jika barang tersebut mudah pecah ataupun mudah terbakar, pihak ekspedisi tentu akan memperlakukan kedua jenis barang tersebut dengan hati-hati agar selamat tanpa cacat sampai tujuan.
3. Konfirmasi Biaya Pengiriman dan Asuransi Jika Perlu
Demi menghindari oknum nakal yang bisa merugikan customer, Anda wajib bertanya, apakah ongkos kirim yang dipatok oleh jasa pengiriman barang antarpulau tersebut sudah termasuk biaya supir, pengemasan, bongkar muat, serta bahan bakar dan tol atau belum? Sebab jika tidak dikonfirmasi sejak awal, hal itu dapat membuka peluang oknum-oknum nakal untuk berbuat curang dan menguras kantong Anda. Jangan lupa, gunakan juga asuransi dari ekspedisi, terutama untuk barang-barang mewah dan mudah rusak. Supaya, saat terjadi sesuatu pada barang tersebut di tengah perjalanan, barang bisa diganti sesuai nominalnya.
4. Memberi Label atau Pesan Khusus untuk Setiap Paket
Selain memberikan informasi lengkap mengenai barang yang dikirim melalui formulir pemesanan, akan lebih baik dan aman jika setiap paket ditambahkan label khusus. Misalnya, “Jangan Dibalik” atau “Jangan Dibanting.” Bisa juga “Fragile,” dan sejenisnya.
5. Simpan Nomor Resi atau Bukti Pengiriman
Setelah mengirimkan paket, pastikan Anda menyimpan resi yang diberikan dengan baik. Hal ini bertujuan agar bisa mengkonfirmasi posisi barang setiap saat dan menghitung estimasi pengiriman. Jadi, saat terjadi masalah, misalnya paket hilang, bisa dicek di mana posisi terakhir paket tersebut berada.
Hal-hal Penting Lain yang Perlu Diperhatikan dalam Proses Kirim Barang Antarpulau
Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar aman menggunakan jasa pengiriman barang antarpulau adalah memilih jenis layanan kargo yang paling tepat. Jika dibutuhkan pengiriman antarpulau yang cepat, maka menggunakan pengiriman via udara adalah yang paling tepat. Namun, jika jumlah barang yang dikirim sangat banyak, gunakanlah pengiriman kargo via laut, agar tarif yang dikeluarkan juga lebih murah.
Mengapa tarif kirim barang bisa berbeda-beda? Itu dikarenakan ongkos kirim barang dihitung berdasarkan berat barang dan volume barang itu sendiri. Apabila barang kiriman tidak terlalu lebar, tapi memiliki berat yang lumayan, hitungan tarif berdasarkan kiloan atau tonase. Sedangkan jika barang yang dikirimkan cenderung ringan, namun membutuhkan ruang simpan yang lebar atau luas, maka tarif pengiriman akan menggunakan CBM atau kubikasi.
Hal ini pula yang biasanya membuat pelanggan tergoda dengan jasa pengiriman barang antarpulau yang murah meriah, namun tidak teliti dan berakhir dengan penyesalan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pengiriman barang antarpulau, cobalah untuk mengecek riwayat penyedia jasa layanan kirim barang tersebut, seperti ulasan dari customer terdahulu. Jika review dari para customer sebelumnya baik dan memuaskan, maka jasa pengiriman barang antarpulau tersebut layak untuk dipilih.