Apa yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Pengiriman Barang Antar Pulau

Apa yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Pengiriman Barang Antar Pulau share

Apakah Anda ingin melakukan pengiriman barang antar pulau untuk keperluan bisnis maupun pribadi? Jika iya, maka ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, dimulai dengan memastikan beberapa hal berikut ini agar pengiriman barang bisa sampai dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Melakukan Pengiriman Barang Antar Pulau

Sebelum memutuskan untuk mengirimkan barang, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips pengiriman barang ke luar pulau, meliputi:

1. Memastikan Packaging Sudah Rapi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pengiriman antar pulau adalah memastikan packaging sudah rapi dan aman. Tujuannya, agar barang tidak rusak, pecah, atau basah selama dalam perjalanan menuju tempat penerima paket. Perhatikan terlebih dahulu jenis barang yang akan Anda kirim. Jika rawan pecah, bungkus dengan lapisan package berkali-kali. Bisa juga menggunakan bubble wrap yang banyak atau jika perlu menggunakan pengemasan kayu, sehingga aman dan tidak rusak di tengah perjalanan. 

2. Mengisi Detail Penerima dengan Benar

Pengiriman barang antar pulau membutuhkan proses yang panjang, bahkan mengalami yang namanya berpindah dari satu bagian ke bagian lain dalam ekspedisi, misalnya dari penerima / agen pengiriman, petugas pengambilan barang, warehouse / gudang, dimuat ke cargo atau transportasi pilihan, hingga akhirnya barang itu sampai ke tangan penerima. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mencantumkan detail penerima dengan benar. Jadi kalau barang kiriman tersebut terselip selama proses pengiriman, tetap bisa dicari. 

Detail informasi yang harus Anda cantumkan pada barang kiriman, meliputi nama penerima, nomor handphone, dan juga alamat. Ketika mengisi tujuan paket, pastikan mengisinya tanpa ada yang terlewatkan. Jangan hanya mencantumkan sebatas kecamatan dan desa atau kelurahan saja. Tapi tulis juga nomor RT dan RW juga.  Hal ini juga akan memudahkan kurir untuk menemukan alamat tujuan Anda dalam waktu cepat. 

3. Memilih Jasa Pengiriman yang Profesional dan Berpengalaman

Setelah membubuhkan alamat secara rinci, hal yang tidak kalah penting saat melakukan pengiriman barang antar pulau adalah memilih jasa pengiriman yang profesional dan berpengalaman. Alasannya, karena akan berpengaruh pada keselamatan barang menuju penerima barang.

Pilihlah jasa pengiriman barang antar pulau yang sudah berpengalaman sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam menangani permintaan pengiriman Anda. Selain itu, pastikan mereka memberikan pelayanan secara profesional, ramah, dan komunikatif. Jika perlakuan mereka saja sudah tidak menyenangkan ketika melayani Anda, maka Anda perlu waspada. Jika terjadi masalah, bisakah mereka memberi solusi terbaik? Atau bagaimana nasib barang yang Anda kirim melalui mereka? Intinya, jasa pengiriman terpercaya akan memberikan pelayanan terbaik kepada Anda.

4. Memperhatikan Penilaian Konsumen Terdahulu Terhadap Jasa Pengiriman yang Ingin Anda Pilih

Memperhatikan penilaian pelanggan terdahulu juga penting untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana penyedia jasa ekspedisi pengiriman barang antar pulau bekerja. Anda bisa mempelajarinya melalui berbagai komentar maupun nilai pada halaman situs maupun media sosial mereka. Cara lain, Anda bisa bertanya kepada orang-orang terdekat mengenai pengalaman mereka menggunakan agen pengiriman barang tersebut. Gali informasi sebanyak mungkin agar Anda tidak sampai salah pilih.  

5. Mempertimbangkan Ongkos Kirim dan Estimasi Waktu Pengiriman

Jarak yang jauh serta waktu pengiriman yang tidak sebentar saat melakukan pengiriman jasa antar pulau tentu tak bisa dihindari. Hal ini dapat mempengaruhi ongkos kirim menjadi lebih banyak. Jadi, Anda harus mencari tahu jasa kirim barang antar pulau murah demi menekan biaya kirim tersebut.

Namun, ketika mempertimbangkan ongkos kirim, Anda jangan sampai terlena dengan harga murah saja. Perhatikan juga estimasi waktu pengiriman. Jangan hanya karena ingin mencari harga murah, Anda membiarkan barang sampai dengan waktu sangat lama atau justru tidak terjamin keselamatannya. 

6. Simpan Nomor Resi sebagai Bukti Pengiriman yang Sah

Langkah terakhir, simpan nomor resi yang menjadi bukti pengiriman barang yang sah. Biasanya nomor resi ini Anda dapatkan ketika Anda telah melakukan pembayaran biaya pengiriman, petugas jasa pengiriman akan memberikannya dalam bentuk selembar kertas tanda bukti pengiriman untuk Anda. Kalau takut hilang, foto saja resinya dengan kamera smartphone agar tersimpan di ponsel. Manfaat menyimpan nomor resi, ketika terjadi keterlambatan pengiriman, nomor resi itu bisa digunakan untuk melacak posisi barang pada saat proses pengiriman. 

Untuk melacak nomor resi, Anda tidak perlu repot datang ke kantor jasa pengiriman barang. Cukup dengan masuk ke website milik jasa pengiriman tersebut dan periksa posisi barang Anda. 

08118865665

Marketing Corporate 08118865665

08119965665

customer service 08119965665